Kamis, 24 Maret 2022

Perbedaan Antara Model Bisnis, Perencanaan Bisnis dan Strategi Bisnis

 5 Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Keuntungan

 

1.  Perbedaan Model Bisnis dengan Perencanaan Bisnis  

  • Definisi
Model BisnisKonsep yang menyederhanakan suatu konsep bisnis yang digambarkan dalam satu lembar kertas kerja yaitu Business model canvasBusiness model canvas terdiri dari sembilan (9) elemen yaitu Customer SegmentsCustomer RelationshipChannelsValue PropositionsKey ActivitiesKey Resource
- Perencanaan Bisnis: Konsep untuk merumuskan atau mendeskripsikan urutan bisnis seperti deskripsi bisnis, jenis pelanggan, persaingan dan fasilitas diperlukan untuk menjalankan suatu bisnis  
  • Penyesuaian

- Model Bisnis: Lebih mudah melakukan penyesuaian di bandingkan dengan perencanaan bisnis.
- Perencanaan Bisnis: Lebih susah melakukan penyesuaian di bandingkan dengan model bisnis.
  •  Fokus perhatian
- Model Bisnis: Memfokuskan pada aspek strategi, sehingga penjelasan mengenai aspek: pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, produksi adalah tidak mendetail
- Perencanaan Bisnis: Memfokuskan untuk menjelaskan aspek: pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, produksi, secara mendetail 

Kesimpulan: 

Rencana bisnis berfungsi sebagai fondasi perusahaan dan rencana bisnis, sedangkan model bisnis menyediakan struktur. Dalam banyak hal, model bisnis adalah konsep umum perusahaan. Rencana bisnis kemudian mengambil konsep ini dan menciptakan deskripsi ide bisnis yang jauh lebih komprehensif dan terperinci.

Meskipun memiliki perbedaan, baik model bisnis maupun rencana bisnis merupakan komponen yang diperlukan saat memulai dan menjalankan bisnis. Selain itu, keduanya dinamis, artinya keduanya terus ditinjau dan direvisi sepanjang umur bisnis.

2. Perbedaan Model Bisnis dengan Strategi Bisnis

  •  Definisi Model dan Strategi Bisnis: 
     
    Model bisnis mengacu pada rencana atau diagram yang berbicara tentang bagaimana perusahaan menggunakan sumber dayanya, bagaimana bersaing, bagaimana mengembangkan hubungan bisnis, bagaimana ia berurusan dengan konsumen, dan bagaimana perusahaan menciptakan nilai untuk menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan. 
    Strategi bisnsi mengacu pada arah jangka panjang perusahaan.   
  •  Tujuan: 

    - Model bisnis diturunkan untuk tujuan menentukan daya saing. 
    - Strategi diturunkan dengan tujuan menentukan keadaan masa depan.
  • Keterkaitan:

Strategi menentukan arah jangka panjang perusahaan dan model bisnis memfasilitasi strategi ketika mendefinisikan bagaimana perusahaan bersaing.

  • Elemen dan Jenis:
- Model bisnis terdiri dari elemen kegiatan utama, sumber daya, pendapatan dan biaya, proposisi nilai, kemitraan utama, saluran, sumber daya, dan pelanggan.
- Jenis strategi yang umum adalah perusahaan, tingkat bisnis dan strategi operasional.
 
 
Pihak  Terkait,
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar